PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK USIA REMAJA

Authors

  • Yulianty Tandiarrang Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58586/je.v3i1.84

Abstract

Kecerdasan emosional siswa terkadang kurang tumbuh dengan baik dan dapat menghambat perkembangan berbagai aspek pada diri siswa itu sendiri. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui mengenai program bimbingan dan konseling untuk mengembangkan kecerdasan spiritual dan emosional siswa. Berbagai perilaku menyimpang yang dilakukan siswa baik membolos, menyontek, bullying, tawuran dan lainnya dapat berpengaruh terhadap situasi belajarnya. Situasi belajar yang buruk dalam diri siswa dipengaruhi dari dalam dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya. Karena itu, kecerdasan emosional dalam dunia pendidikan di sekolah perlu lebih ditingkatkan dan diperhatikan agar dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan baik yang telah maupun yang belum terjadi.

Melalui pemberian layanan bimbingan dan konseling yang diberikan oleh guru BK dapat menjadi penunjang peserta didik untuk mengoptimalkan kemampuan dan potensinya. Program bimbingan dan konseling tersebut mencangkup konseling individu, bimbingan dan konseling kelompok, dan layanan yang lainnya. Selain itu, dapat didukung dengan memberikan pemahaman seputar kecerdasan emosional dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai program yang diberikan dapat kurang berjalan efektif apabila tidak ada guru bimbingan dan konseling serta dukungan dari semua pihak sekolah.

Kata Kunci: Peran, Kecerdasan Emosional, Guru Bimbingan dan Konseling

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dan Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 37–45. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2.1200

Arfandi, K. (2021). Guru Sebagai Model Dan Teladan Dalam Meningkatkan MoralitasSiswa. Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6(1). https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643

Arieska, O., Syafri, F., & Zubaedi, Z. (2018). Pengembangan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) Daniel Goleman Pada Anak Usia Dini Dalam Tinjauan Pendidikan Islam. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 103.

https://doi.org/10.29300/alfitrah.v1i2.1337

Ariska, V., Mashudi, & Purwaningsih., E. (2016). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Pencapaian Akademik Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 7 Pontianak Vera(Vol. 5, Issue 9)

Dewi, S. S. (2018). Kecerdasan Emosional dalam Tradisi Upa-Upa Tondi Etnis Mandailing. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 79.

https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.10039

http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/219

Izzaty, R. E., dkk. (2013). Perkembangan

Peserta didik. Yogyakarta: UNY Press.

Larlen. (2013). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Pena, 3(1), 81–91

Maitrianti, C. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2),291–305.

https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/8709

Mulinda, R., Afiati, E., & Conia, D. D. P. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 31–41.

Rahayu, T. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak. Jurnal Prodi PGMI Al-Misbah V, 4(1), 1–20.

Rahim, M., & Puluhulawa, M.(2019). Pengembangan Panduan Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(2), 77.

https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i2.5817

Ramli, R., & Prianto, N. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kecerdasan Emosional. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 14–29. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/18

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa Sekolah Dasar SD Negeri4 Bilokka Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Diri Dalam Proses Pembelajaran PKn. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 11–29. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.325

Tibo, P. (2020). Guru Model Pendidikan Hidup Rohani Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Selidik, 1(2), 46–52.

Tim Katekese Kevikepan Madiun. 2015. Keluarga sebagai Sekolah Iman yang Penuh Sukacita. Surabaya: Rapi Offset Madiun.

Wisda, W., M, R., & Rosida, W. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 3(2), 68–77.

https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/helper/article/view/7569/5023

Wisudayanti, K. A. (2020). Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa di Sekolah Dasar Melalui Penanaman Pendidikan Karakter. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2),135–146. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/918

Zola, N., Ilyas, A., & Yusri, Y. (2017). Karakteristik Anak Bungsu. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 109-114.

M. Hamdani Bakran Adz-Dzaky, (2002), Konseling dan Psikoterapi Islam, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, Hal. 179.

Ulandari, Y., & Juliawati, D. (2019). Pemanfaatan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Indonesian Journal of Counseling & Development, 01(01), 1–8.

Melianasari, D. (2016). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Permainan Dan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 311–317.

Lestari, I. (2012). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 89–94.

Muhammad, P., Bin, A., Kadir, A., & Hasyim, P. S. (2017). Proceedings International Conference On Indonesian Islam, Education And Science (ICIIES) 2017.

Rasimin, Yusra, A., & Wahyuni, H. (2021). Penerapan Bimbingan Belajar Berbasis Prinsip – Prinsip Belajar dalam Islam Untuk Meningkatkan Etika Belajar Siswa. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 321–332.

Sumitri, F. (2017). Pengelolaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Managemen Pendidikan, 11(6),

Published

2024-12-31

How to Cite

Tandiarrang, Y. (2024). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK USIA REMAJA. Euntes : Jurnal Ilmiah Pastoral, Kateketik, Dan Pendidikan Agama Katolik, 3(1), 53–65. https://doi.org/10.58586/je.v3i1.84